Kamis, 29 September 2011

MV For the Rest Of My Life – Maher Zain : Sederhana Namun Simbolik


uhuhu .. bang bisa ganteng amat gicuu seh suarranye bagus lagih ? minta ramuannya napeehh !

Selamat malam teman-teman !

Kali ini saya hadir dengan sebuah postingan yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Kalo biasanya saya hanya membahas hal-hal yang terjadi diseputaran kehidupan saya, kali ini saya memberanikan diri untuk sedikit mereview dan membahas sebuah MV alias Music Video dari penyanyi idola saya.

Saya bukanlah seorang yang ahli dalam bidang music apalagi soal Video clipnya. Tapi ijinkanlah saya untuk sedikit berbagi pendapat saya tentang video music ini kepada kalian semua teman-teman ku sejagad raya.


MV for the rest of my life adalah lagu ke 6 dari maher zain yang dibuat video clipnya lagu-lagu dia yang sudah dibuat video clipnya sebelum ini yaitu Palestine Will Be Free, Insha Allah, I Believe, The chosen One dan Ya Nabi Salam alaika. Dan kesemuanya saya nilai bagus. Namun tentu saya punya satu MV favorit. Baiklah nanti saja saya sebutkan dibelakang.

MV For The Rest Of My Life ( FTROML ) merupakan salah satu yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya. Karena lagu ini adalah sebuah lagu romantis yang ditujukan untuk pasangan kita yang tentu dalam koridor dan nafas keislaman yang sangat kental yangberbeda dengan lagu-lagu dari maher zain yang rata-rata membahas tentang keyakinan, kemaha kusaan tuhan dan kecintaan pada Rosulullah. selain versi inggris lagu ini pun dibuat versi Bahasa dengan judul “ Sepanjang Hidup” secara garis besar lagu ini sama. Hanya ada perbedaan di beberapa bagian yang tentu saja menyesuaikan dengan lagu tersebut.

Video clip ini di awali dengan sang penyanyi yang berada disebuah rumah kosong. Ia tampak sedang mengisi rumah tersebut dengan beberapa perabotan. Ini menyiratkan sebuah “rumah tangga” yang sedang dibangun dan diisi oleh banyak pernak-pernik kehidupan. Ketika sang penyanyi duduk di ruangan tampak efek manis dimana beberapa benda secara ajaib muncul dan mengisi sendiri.

Sebuah penggambaran yang menarik bukan ? bahwa sebuah rumah tangga itu adalah proses melengkapi. Tidak hanya menyesuaikan yang sudah ada namun juga mengadakan yang tidak ada agar sebuah rumah tangga bisa berjalan dengan lancar dan baik. 

Video ini pun dipermanis dengan kemunculan beberapa scene pasangan yang tampak berbahagia. Dan yang menarik disini adalah sang penyanyi yang notabene sebagai pemain utama hadir sendiri tanpa ada lawan main alias pasangannya. Entah apa maksudnya. Tapi saya menduga kalau ini dilakukan demi menjaga nuansa islami di video ini. Mungkin juga ini permintaan dari sang penyanyi itu sendiri yaitu maher zain yang dikenal sangat menjaga dirinya dari perempuan. Ya semacam tokoh fahri lah di film Ayat-Ayat Cinta. Sebenarnya mungkin aja maher zain berpasangan dengan istrinya seperti halnya scene-scene romantic yang terselip di MV ini. Namun kita tahu Maher zain tipikal artis yang sangat tertutup perihal kehidupan pribadinya.  Siapa istrinya dan berapa anaknya mungkin tidak banyak yang tahu. Hanya sedikit informasi yang dibaginya bahkan untuk para fans fanatiknya.

Secara keseluruhan ini adalah video clip yang sangat sederhana namun penuh makna simbolik. Video yang diluncurkan pada tanggal 28 ini menuai banyak decak kagum. Saya pun turut suka dengan video ini.  Namun sayang ada beberapa hal yang membuat saya tidak sreg. Kalau dipehatikan mungkin ini adalah Maher Zain tampil kurang apik. Ia saya tahu, dia penyanyi bukan aktor tapi menurut saya kualitas akting dia di MV ini menurun dari sebelumnya. Entah disengaja atau tidak, kalau saya perhatikan. Adegan saat maher zain “bebenah” sangat kurang pas. Maher zain tampak ragu dan kurang nyaman. Terlebih saat ia tertangkap “mesem-mesem” sendiri. Saya tidak tahu itu kesengajaan atau bukan. Tapi kalau menurut saya agak menggangu. Juga ketidaknyamanan saya dapatkan saat adegan ia melempar kaos kaki dan secara ajaib kaos kaki itu sepeti “menempel di udara” saya sedkit tertawa melihat  bagian itu.

Diluar itu semua saya member tepuk tangan untuk video ini. Saya tetap suka. Banyak scene-scene tidak terduga yang bikin saya tersentak sendiri. ini MV dia yang paling beda. Apalagi baju yang dikenakan om Maher di situ. Tetap kasual namun tetap santun. Trendy dan maskulin. Heuheu .


Oh iya, yang saya tanyakan kenapa om Maher tetap mengenakan topinya ketika berjas di akhir video clip. Bukankah itu hal yang lucu ? ayolah om.. kau masih terlihat tampan meski tanpa penutup kepala. Kau tetap jauh lebih ganteng dari saya bahkan tanpa sehelai rambut pun yang menempel dikepalamu.

Hahaha ..

Oh iya, seperti yang saya janjikan diatas. Saya akan menyebutkan MV favorit saya.
Yaitu ….


Saya terpana dengan idenya yang seperti merangkum masalah-masalah besar dalam hidup kita namun ditampilkan begitu sederhana. Ini dalah MV yang paling saya suka. Akting Maher Zain yang meski hanya duduk saja tetap membuat saya kagum. Hahaha :D
udah penasaran kuaan ?

Baiklah buat kalian yang belum tahu atau belum lihat MV nya. Silahkan saksikan di Sini

Gimana ? sependapatkah ? atau gak ? ya terserah anda. Ilmu saya cuma cukup ngasih penilaian segitu doang. Beda lagi kalau yang ngebahas seorang yang udah jago dan berwawasan luas kaya idola saya di dunia perblogan yaitu dia. Ini sangat subjektif jadi kalau kurang setuju atau gimana. Ya ga papa.

Iya kan ?

Segicu duyu akh ..

Dadah !

Oh iya bagi yang suka atau muli suka dengan maher zain yuk gabung di fans pagenya di marih
Facebook :Maher Zain
Twitter :@MaherZain
Gabung juga di fans Clubnya di sini :
Yang pasti coba lihat dan dengarkan semua lagu-lagu maher zain yang membuat saya terpana. Haha :D
Lebay ? biarin !
Udahh yah, pamit sekali lagi.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh !

Bonus foto favorit saya :
umm .. hahaha :D


Sumber gambar : English & Arab Islamic Song on Facebook
                           facebook


4 komentar:

  1. waaw.. banyak temenku yg suka ini artis ini. tapi saya kurang begitu memperhatikan :D

    BalasHapus
  2. ahh .
    banyak yang kurang ..
    tulisan [paling berantakan dan [penuh ketidak siapan .
    kata Dia harusnya dikasih link Blog om saman dayu ..
    uhuhu ..

    BalasHapus
  3. nice post gan
    mantep nih informasinya
    terimakasih banyak, sukses terus

    BalasHapus

Bagi yang bukan Blogger dapat memberi komentar dengan cara memilih form Name/URL pada link Berikan komentar sebagai :
isi Name dengan Nama lalu isi Url dengan Link Facebookmu.