Senin, 26 September 2011

Bencana Status Ababil Di Facebook

AKHIRNYA saya buat catatan ini juga. Sebenarnya dari dulu-dulu pengen bahas. Tapi selalu saya tahan karena tema atau hal yang saya akan bahas sangat mungkin menyinggung dan melukai hati orang lain. Dan konsekuensinya mungkin jumlah teman saya di facebook akan berkurang drasis. Tapi bodolah. Saya sudah kepalang eneg. Mulut ini ( lebih tepatnya tangan ini ) sudah tidak lagi menahan hasrat untuk membahas ini semua.

Dulu saya bisa dibilang orang yang tidak aktif di facebook. Bisa dilihat dari jumlah teman saya. Meski sudah hampir 3 tahun punya akun ini tapi teman saya Cuma sekitar 300an orang. Alasannya sih dulu hape saya ga ada fasilitas internetnya. Selain itu tidak ada minat pada salah satu hal membuat saya tidak memliki kepentingan dalam berfacebook ria. Saya hanya masuk facebook untuk melihat notif, membaca catatan atau Cuma liat-liat aja. Saya pun jarang update status. Lah kalo update aja miskin like dan komen. Jadi males aja. Lagian binggung mau nulis apaaan.


Tapi setelah saya berkerja di tempat saya kerja saat ini. Membuat saya memiliki keleluasaan untuk berinternet. Dari pada bosan. Maka saya pun akan berfacebookan. Selain itu saat ini saya sudah punya hape yang bisa facebook an. Ditambah di hape saya untuk facebook sangat nyaman. Soalnya cepet kaga pake lama loadingnya. Dan satu hal lagi, sejak saya kenal dan gandrung kepada Maher Zain. Jumlah teman saya meningkat dan kebanyakan penggemar maher zain juga. Alhasil komunikasi kami semakin intens. Dan kalau saya update status lumayan banyak yang ngelike dan komen.

Dan hal ini berdampak dengan seringnya saya menggunakan situs ini dan membukanya. Dan dari situlah semua ini berawal. Karena saat ini jumlah teman saya agak sedikit banyak. Maka status-status yang berseliweran pun kian merajalela. Saya sangat bersyukur jika status itu baik. Atau curhat sederhana namun tidak berlebihan. namun begitu juga dengan status gaje. Makin banyak aja heran padahal Saya adalah orang yang agak pilih pilih kalo mau nge add orang. Karena saya sangat menghindari dari meng add para ababil. Hal pertama adalah saya lihat dari namanya. Apakah normal ? atau seperti orang yang ga pernah belajar baca-tulis.

Memakai nama super panjang dengan kata-kata ga jelas dan membuat mata saya juling membacanya adalah salah satu orang yang saya hindari untuk meng addnya Seperti : “ecca ciembleugangstars slaluceriacarenhadacamu” ( sumpah ! random banget namanya ! ). Atau menggunakan nama artis tapi dengan diksi super najis kaya : siietuminahsmastblast biebercliquerphoreperteu eureuneuren”. Serius dah saya itu ga ga ga kuat ! kalo liat nama ini berlama-lama.

Okee, cara pemisahan makhluk normal dan abnormal sudah cukup ketat saya lakukan. Tapi tetap saja ada. Kenapa ? karena ada beberapa teman dunia nyata yang juga berjenis abnormal meng add saya. Lah entaran di kata sombong kalo ga di komfirm. Iya toh ? beberapa minggu yang lalu saya dengan sangat berani telah me remove teman SMP saya. Saya udah ga kuat dengan nama dia dan status dia yang hamper tiap menit ada. Isinya curhat dan keluh kesah manja. Tentu dengan tulisan cinta yang susunannya kaya monyet baru bisa ngeja ( sadis )!.

Kata abang saya jangan suka me remove orang yang udah meng add kita. Oke, saya sangat sadar saya bukan siapa-siapa artis bukan pejabat apalagi. Tapi apakah saya juga tidak berhak punya syarat-syarat tertentu untuk berteman dengan saya di facebook ? . kalau sih kaya twitter yang menggunakan system pemisahan seperti following dan follower. Yang memungkinkan anda memilih status siapa yang anda ingin ikuti dan meramaikan beranda ( istilah twitter mah Timeline ) anda. Lah inikan facebook. Artinya jika anda sudah “ berteman” suka atau tidak suka status se gaje apapaun dari teman anda pasti nongol dengan eksisnya.

Bukan soal nama yang bikin perih mata. Tapi yang paling penting dan ganggu banget adalah status mereka.
Berikut status-status mereka yang bikin saya tiba-tiba nafsu sama nenek-nenek ( maksudnya nafsu buat nabok):

1. Keluh kesah manja contohnya : “ ichh kulit iyem kan item, coc pnas beud gnie ciie, bttehe beudd uffhh  ..” jiahh ! heh penting gila gitu nih status ! laknat yuu bareng-bareng !

2. Marah-marah gaje misalnya : “ sebeuul beud, ANJINK llu Tukirman, cucian guw llu emudt ugha ! kan baUU ! jih, napah dia ngomel-ngomel emang salah siapa ? salah gue ? salah temen-temen gue ? atau salah tukang baso depan yang kalo ngasih sambel sampe meski pake ditimbang ?

3. Galau gaje lewat status misalnya : “ uffhh,, ciee ayang moo ngerampook maeem niee, juwariah cendiriian dewh.  Chemunguddt ya ka salidem ngerampokx !” diihh !

4. Mesra-mesraan, dan biasanya mereka pake WTW bukannya komen-komenan. Nyampah doang di beranda orang! Misalnya : “khangeenn bgtt chama cie ayang, agy dimanaa yuaa ?” terus di bales sama si ayangnya “aqqhuu ada di hatimuu chayangg ! “ gubrak ! najoong dah, bikin iri gue aja yang jomblo #jlebb!

5. Kalo yang ini rada frontal statusnya, biasanya ditulis sama ababil tingkat parah dengan tingkat stress hampir stadium 1. Kaya : FU*K buat Cewe BRENGS*K MACEM LOE ! NG***** loe ! status ini beberapa kali lewat di beranda saya. Saya pikir ini orang psyco dan perlu di rehab secepatnya. Untuk tindakan pencegahan saya akan meremove dia.

6. Menghina agama : kalo yang ini sih saya ga pernah nemuin di beranda saya. Namun sayangnya. Ada beberapa teman saya yang mungkin niat awalnya mau memberitahu dan berbagi agar sama sama menentang malah justru memperlancar tujuan dari si penghina itu. Maksud saya gini. Kalo tujuan orang itu bikin status itu pasti agar di lihat banyak orang bukan ? biar semua orang tau. Dan orang-orang yang dihina agamanya marah ? nah kebanyakan dari kita justru memperlancar tujuan dia dengan menyuruh teman kita untuk ikut melihatnya. Jika ia berbentuk page, maka otomatis akan makin banyak membernya. Kita pasti me like dulu sebelum komen. Nah justru ini menambah jumlah yang suka bukan ? meski kita ga suka .  atau jika itu berbentuk personal mak ada kecendrungan dari kita untuk meng add dia agar bisa ikut menghina balik atau melayangkan protes. Padahal ada cara lain yang lebih sehat tanpa harus ikut menjadi binatang seperti penghina tadi. Ya dengan cara melaporkan atau memblokir orang itu. Selesaikan. Tapi yang paling baik itu ya mengacuhkannya saja.

7. Kalo yang ini sebaliknya dari poin tadi. Ada beberapa teman saya yang bisa dikatakan agak fanatic kepada suatu agama akhirnya suka meng update status-status yang provokatif  atau berbagi link yang juga provokatif. Menyangkut SARA tentunya. Ini tidak baik dan jelas saya tidak suka.

Selain status, komentar juga bisa jadi sumber kekesalan saya. Banyak banget status 1-5 yang di komentarin ga kalah najisnya. Kadang saya malah berpikir. Mending kaga usah komen dari pada Cuma nyampah dengan komentar-komentar yang. Aduuuuhhh. Ga penting banget ! contoh komennya : misalnya si marsinah status : “ichh panass” terus di komen sama si tukijo “ chabarr yuahh “ jih leempar batako nih *ngancem* atau komen-komen lain yang ga bisa saya sebutkan disini sebab terlalu dahsyat buat saya.

Sebenarnya saya gak terlalu masalah soal status-status itu. toh saya juga beberapa kali ( bahkan sering ) ketika sedang galau, lalu melampiaskanya ke status di facebook. yang rada saya kurang senangi adalah mungkin penggunaan tulisan itu. haha, saya kurang suka ajah. lebih baik yang biasa-biasa aja. ya toh ?. meski begitu saya tetep salut dengan daya kretif mereka. soalnya ga gampang loh bikin tulisan yang penuh cita rasa seni macam itu.

Pendapat saya sih itu cuma trend zaman yang mungkin suatu saat hilang. setiap zaman kan punya ciri khas. selain dari segi fashion tentu juga dalam ruang lingkup kebahasaan.

jadi asyikin aja. jangan di bawa emosi apalagi nyolot dan menghujat mereka. masa ababil masa yang penuh kegalauan tapi penuh kenangan yang akan teringat hingga kita tua bukan ?

Ohh iya, alasan saya bikin catatan ini juga karena tadi ada temen saya” Cuma di facebok loh, sumpah ga pengen punya temen alay kek gitu” status nah status dia pun dikomen beberapa cowok yang ganjen berwajah ( maaf) minus yang sos sok prihatin. Jadilah catatan ini saya buat. Maaf jika jelek. Soalnya bikinnya juga rada buru-buru.

Saya juga minta maaf jiak ada teman yang membaca ini lantas tersinggung. Kalian boleh menghapus saya. Itu hak kalian. Dan ini pun hak saya untuk berpendapat. Okee, intinya mah. Jangan berlebihan dalam segala hal. Termasuk update status dan semacamya. Saya pikir berstatus manja cinta kaya gitu ga masalah. Toh itu akun pribadi anda. Mau ngapain juga terserah anda. Ya yoh ? tapi ya mbok dipikirkan. Jangan pake umpatan ga layak atau tulisan kaya orang lagi mabok. Yang biasa aja. Tapi sekali lagi. Ini Cuma pendapat. So terserah anda mau bagaimana menaggapinya.

Sekali lagi
Minal Aidzin Wal Faidzin
Mohon maaf lahir dan batin !

7 komentar:

  1. makasih yang udah baca, terlebuh yang udah komen ..
    kecup akhh ..

    emmuuaaachh.. :*

    BalasHapus
  2. di-hide aja akun teman2 yg status2nya menurut kita enggak banget. Banyak kok teman2ku yg terpaksa aku 'hide' krn gak kuat baca status2 mereka, cuma kita msh berteman dg mrk. Kesannya gak terlalu sadis gitu

    BalasHapus
  3. Saya benci tulisan alay ala remaja ababil itu! *marah*

    BalasHapus
  4. Benar itu mas .. :)
    "Orang dulu , menuliskan curhatan nya dalam sebuah buku yang disebut diary , dan disimpan rapat. Tak boleh satu orang pun tau.
    tapi,,
    Orang sekarang , menulis curhatan nya alam sebuah page bernama "update status" dan berharap ada yang "like" mau pun comment "

    inilah bagaimana teknologi bisa merubah dunia...
    Seseorang bisa dengan tenang memaki , mengucap kata kasar, membuka rahasianya sendiri , entah sadar atau tidak sadar, bahwa di dunia maya ini tidak hanya dia dan orang yang dia tuju yang bisa membaca statusnya....
    Orang-orang lain yang ikut membaca statusnya , secara tidak langsung akan terlibat dalam moment tersebut, dan tak khayal mereka pun memberikan suatu nilai kepada kita atas status - status terbebut.

    BalasHapus

Bagi yang bukan Blogger dapat memberi komentar dengan cara memilih form Name/URL pada link Berikan komentar sebagai :
isi Name dengan Nama lalu isi Url dengan Link Facebookmu.