Sabtu, 30 Juni 2012

8 Jenis Pengguna Facebook Paling Mengganggu




FACEBOOK merupakan salah satu media jejaring sosial yang paling banyak digunakan saat ini, kehadirannya seperti tidak tergantikan meskipun saat ini muncul banyak jejaring sosial sejenis yang menghadirkan fitur yang inovatif dan kreatif, akan tetapi Facebook seperti tidak pernah kehilangan pesonanya terbukti sampai saat ini tercatat hampir 900 juta orang pengguna Facebook di dunia. Bahkan berhembus kabar jumlah pengguna Facebook saat ini mencapai Satu Milyar orang ( gaya terhenyak )

Berbagai macam karakter dan sifat unik dari pengguna facebook pun dapat kalian temui, nah pada artikel cinta kali ini. Saya akan membeberkan bukti keterlibatan Angelina Sondakh dalam kasus pembangunan Wisma Atlet di Palembang #eh #salahFokus. Maksudnya saya akan memberikan 8 tipe akun Facebook yang paling bikin ilfil. Yeah tentu daftar ini sangat bersifat subjektif. Ilfil disini bisa jadi berarti menggangu atau yaaa, minimal bikin kalian semua pengen nabok yang punya akun pake bogem “cinta”.

Yuuk, ini dia 8 tipe Akun Facebook paling bikin ilfeeel versi Oddie CyanK Kmuuh;


1.       Colekers

Ini adalah sebutan saya bagi orang-orang yang demen banget nyolekin orang via fitur Colek alias Poke. Seperti kalian tau, di Facebook ada salah satu Fitur yang bernama “Colek” ( inggrisnya “Poke” ) dimana kalian bisa mencolek teman kalian. Saya sebenernya cukup heran juga apa manfaat dari fitur ini ? apakah seseorang akan akan bangga atau terkena sensasi geli saat dicolek secara virtual ini. Entah lah, yang pasti beberapa orang keranjingan mencolek temen-temen facebooknya. Entah apa motifnya yang pasti kalian jadi terlihat tidak punya teman kalo terlalu sering nyolekin orang. Dan tentu ini lumayan mengganggu.
nanti aku bikin colokers, yaitu sekelompok orang yang suka nyolokin mata orang ;p



saran : kalo udah keseringan, Unfriend atau Blokir aja sekalian tapi sebelumnya yaa, nasehatin dulu aja ==.

saran buat Colekers : cari aktivitas lain yang lebih bermanfaat tapi jangan murtad dan beralih jadi Jempolers.

2.       Akun Norak atau Pengomen Gaje
Mereka yang termasuk tipe ini adalah orang-orang ( biasanya pria pengguna facebook dengan rentang usia sekitar 23-30 tahun ) yang memiliki nama akun “keren” menurut versinya. Contohnya Akay Thea atau Daus Rastawaria. Selain nama yang sangat berseni dan “tidak pasaran” itu biasanya PP yang mereka gunakan juga sangat “khas” yaitu angle agak jauh dengan foto seluruh badan. Entah itu dengan duduk atau sok memandangi kejauhan ( ngerti ga ? )

Selain PP dan nama yang sangat “keren” itu yang membuat saya memasukan mereka ke list ini adalah komen mereka yang sangat “penting “ distatus-status teman mereka, terutama temen cewek yang keliatan cantik ( keliatan lho, soalnya PP Facebook tidak jarang menipu :p so hati-hati eaaaa ! ) contohnya ya ini 



Saran : selama mereka ga mengganggu, ya abaikan aja tho setiap orang punya hak dalam mengekspresikan dirinya. Kalo mereka udah mulai nakal dan berkomentar yang cenderung melecehkan, Blokir aja, ga rugi kok ga punya tmen kaya mereka.

Saran buat akun norak : kerja gih, cari duit jangan OL mulu ya ! kalo komen ya mbok yang nyambung dan bermanfaat.

3.       Pengeluh

Sebenarnya Facebook adalah salah satu media yang dapat kalian gunakan untuk mengeluarkan uneg-uneg kalian. Entah itu berupa curhatan dan protes akan kehiduoan. Tapi bagaimana jika kalian mempunyai teman yang statusnya melulu berisi keluhan  tentang kehidupannya. Entah itu karena ditinggal pacar, belum dapet jodoh atau belum punya pekerjaan yang diinginkan. Sejujurnya itu agak mengganggu buat saya. Tapi toh kita ga punya hak untuk melarang bukan ? barang kali facebook merupakan satu-satunya media yang bisa mereka gunakan untuk menceritakan keluh kesah merka karena mereka tak punya teman cerita atau enggan bercerita kepada orang didunia nyata.

saran : nasehati mereka, beri motivasi kepada mereka jadilah pendngar yang baik bagi orang-orang yang tidak didengar orang lain dilingkungannya tersebut.

saran buat para pengeluh : mengeluhlah, kalian punya hak untuk itu, tapi akan lebih baik jika kalian mengelukan segala kesukaran hidup kalian pada Sang Pencipta. Buat yang muslim akan sangat baik jika keluhan kalian diceritakan pada sepertiga malam dibarengi dengan sholat Tahajud. Insha Allah bermanfaat J atau kaya saya aja. Mengeluh lewat tulisan yaa, bikin karya nyata jadi ga sia sia J

quote : Mengeluh tidak akan merubah apapun selain kalian akan terlihat lemah dan menyedihkan. Soo, Move On ! ( gaya anak muda pemenang MTV )

4.       Suka Pamer

Semua orang pasti ga demen sama yang satu ini. Yeah, orang-orang yang masuk daftar ini adalah mereka yang demen banget pamerin apa yang mereka punya. Entah itu harta, kekuasaan pekerjaan atau pacar mereka #jombloSirik

Beberapa orang dengan pongahnya berstatus seperti
“ikh, barusan makan nasi uduk di Emmili French Restaurant masa cuma bayar 2 juta ? murah banget ya ?”
atau
“abis belanja di Grand Indonesia, males banget deh murah-murah banget sempaknya”

najis banget kan ? heey lo kira kita mau tau gtuuh ? plis dont so norak eaa !

saran : kalau kalian ga suka ya Blokir aja tapi kalo kalian tipe tebel muka. Saya saranin kenalan trus porotin aja celananya dutinya. Enak kan ? jadi kalian bisa pamer bareng-bareng deh via status facebook.
 
Saran buat tukang pamer : inget ! harta ga dibawa mati om, tante ! camkan itu !

5.       Tukang Tag Foto Porno / Akun mesum

Nah yang ini nih tipikal akun yang mesti dijauhi para perempuan. Mereka demen banget berstatus mesum seperti pengen anu atau lagi ini atau itu ( halah ) yang pasti status mereka berisi pelecahan dan penuh dengan aroma horny ( gimana tuh ya aromanya ? )

pernah suatu kali saat ber- facebook ria tiba-tiba beranda saya dikejutkan oleh tampilnya sebuah foto bergambar ( maaf ) penis pria yang diambil dari kamrea handphone yang ditag kepada teman perempuan SMP saya. Saya cukup aneh karena temen saya itu dikenal cukup relijius. Ternyata foto itu sengaja di tag temennya yang emang berkelakuan minus katanya hanya candaan belaka.



saran : udah kalo mereka mulai berstatus yang aneh-aneh unfriend atau blokir aja sekalian. Apalagi kalo sampe mereka kurang ngajar. Jangan kasih ampun sekalipun alibi mereka itu hanya bercanda ! selain itu ya, mbok di filter temennya kalo ada akun-akun mencurigakan kek diatas ngirimin permintaan pertemanan sebaiknya diabaikan saja. Ga rugi lho ga temen sama mereka ketimbang merusak. Ya kan ?

saran buat mesumers : kepengajian gih, tobat geura ! atau ke tempat loundry aja, cuci tuh otak loe semua :@ #emosi #korbanPelecehan

6.       Tukang Jualan

Semua pasti tau deh akun yang diciptain cuma buat promosiin jualannya. Yeah, pada dasarnya ini bagus. Pemanfaatan media jejaring sosial untuk melakukan promosi gratis tapi apa jadinya rasanya kalo terus-terusan di tag sama barang yang ga mau kita beli ? wah emosi aja deh bawaannya, pernah suatu kali saya mengomfirm sebuah pertemanan dari seseorang. Di hari pertama pertemanan aja dia udah ketag saya tiga kali ! yeah, dia jualan handphone yang tentunya berharga mahal yang tidak mampu saya beli ! ( #eaa ketauan kerenya :p ) alhasil demi kelangsungan eksositem di hutan kalimantan dan demi menyelamatkan Badak bercula satu yang hampir punah maka saat itu juga saya men-Unfriend- akun tersebut T.T.

                                            


Saran : sebaiknya jangan suka menerima pertemanan dari toko-toko dunia maya tersebut kecuali kalau kalian emang berminta buat membelinya.

saran buat tuang jualan : perhatikan etika dalam berjualan om. Jangan sampai karena ingin mereguk untung anda mengurangi kenyamanan orang lain. Boleh tag, dan promosi tapi ya jangan berlebihan ya !

7.       Updaters !

Ini adalah istilah untuk segolongan pemilik akun yang demen banget bikin status, biasanya jarak  antar status mereka itu ga brselang lama bahkan mungkin hanya satu menit. Entah karena kurang kerjaan atau kelewat kreatifnya sehingga begitu mudahnya menelurkan update status mereka tersebut. Sebenernya si bebas-bebas aja tapi kalo kebanyakan upadate status gtu biasanya malah menuhin beranda kita sehingga isinya cuma status dia aja.

Saran : selama kalian nyaman dan ga mempermasalahkannya, ya biarinin aja tapi kalo udah kelewat batas sehingga menggangu kebebasan kalian melihat status orang yang emang pengen kalian liat misalnya status pacar kalian. udah Unfriend aja

Saran buat Updaters : ayolah lebih diatur pengeluaran statusnya. Beri jarak dan irama yang pas pada status kalian niscaya status kalian akan lebih terlihat “wah” #gaje

8.       Jempolers 

Hufft ( narik nafas imut ala ceribele ) sebenernya saya enggan membahas tipe pengguna facebook yang satu ini. Karena beberapa artikel saya sepertinya sudah pernah membahasnya. Yeah, mereka yang dinamakan Jempolers adalah sekelompok orang yang memiliki kecendrungan untuk mendapatkan sebanyak mungkin tanda “suka” pada status mereka. Karena mungkin itu adalah ukuran seberapa terkenalnya atau sepopuler apa mereka di dunia maya. Banyak cara yang mereka gunakan untuk meraup jempol mulai dari melike status orang lain secara random dengan harapan di like balik. Berkomentar distatus orang mengharapkan ”like back” lewat jalan privasi dengan membuka chating ( asli ga penting banget yang satu ini ) mengemis di wall atau profil sampai tindakan anarkis dengan ancaman pembunuhan lewat komen distatus orang ( ga deh, yang satu ini cuma imajenasi saya ).

Sebenarnya kehadiran mereka cukup membuat facebook berwarna dan meriah, meski kadang aktivitas meminta jempol itu dirasa cukup menggangu kita. Yeah, maklumin aja.



Saran : ga kuat iman dan ga bisa nahan emosi ? Unfriend atau blokir aja !

saran buat jempolers : bagiku agamaku bagimu agamamu

Mungin ada yang bertanya kenapa saya tidak memasukan Alay dengan tulisan Hierogliph-nya ke dalam daftar ini, alasannya karena menurut saya alay dan tulisannya itu hanya bersifat temporary, artinya kebiasaan mereka akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia dan kedewasaan mereka. Jadi yaa, ga usah di kecam sampe didemo segala. 

Saya membuat daftar ini bukan berarti saya merasa sok paling bener, sok paling disukai akan tetapi adanya artikel ini lebih kepada sebagai pengingat agar kita lebih beretika dalam mengguna facebook dan segala aktivitas kita di dunia maya. Sekian ulasan singkat dari saya mohon maaf kalau ada salah-salah kata atau salah tulisan. Oke, selamat bermalam minggu !

7 komentar:

  1. wqwqwqw... ketawa2 mesem bacanya. rata2 pernah ketemu ma 'pengganggu' kyk gitu di FB :))

    paling ngeselinnya yg colekers. ada bbrapa yg poke, mia diemin aja. trus beberapa kali ada yg kirim PM blg "sombong amat poke aja ga di bls". ya udah, sjk itu mia bls poke yg ada. toh cuma poke lewat tulisan aja, no big deal(kl poke dunia nyata tak bacok kowe :)) ), trus mereka bls poke lg. mia bales lagi. trus ada bbrp nya kirim PM lg

    "mia suka colek2 yaa."

    WHAT THE HELL... ga dibalas di blg sombong, di balas, kok mia yg dituduh nyolek2 dia. lah dia yg poke duluan. Pengen nyakar org2 kyk gini dahhh (mana ada beberapa yg kayak gitu) >.<

    BalasHapus
  2. Menurut gue yang paling ngeselin itu Updaters, hadeuh...masak iya beranda gue yang menuhin dia doang... Mana statusnya GJ dan ga penting banget.
    Pernah sampe ada yang gue blokir, eh sekarang muncul lagi keturunannya... :hammer

    BalasHapus
  3. tersungging bagian yang updater =='

    BalasHapus
  4. hahaha :D sangat merisaukan ya.. apalagi yang tukang pamer, iiihhh.. arghhhh

    BalasHapus
  5. hahaha, asyik bacanya gan, pertahankan

    BalasHapus

Bagi yang bukan Blogger dapat memberi komentar dengan cara memilih form Name/URL pada link Berikan komentar sebagai :
isi Name dengan Nama lalu isi Url dengan Link Facebookmu.