Rabu, 27 Juli 2011

Tentang Om Maher Zain

SELAMAT Pagi, Siang, Sore, Malam chemand-chemand semangsa dan setanah kadir !
Wew .. akhirnya saya bisa  posting  tulisan lagi setelah seminggu ini mood nulis saya drop gara-gara ngerusakin salah satu perangkat vital ditempat saya kerja. Alhasil saya mendapatkankan ceramah cinta dari boss saya. Hahahahah #KetawaMelas
MySpace

Dan satu hal lagi kalo biasanya saya nyampah di catatan  di akun fb saya kali ini saya hadir dalam media yang berbeda yaitu Blog !
wew luar biadab bukan ? MySpace

Blog merupakan hal yang baru buat saya meski sebenarnya saya sudah mengenal dunia blogger sejak setahun yang lalu. Namun selama ini saya hanya jadi penikmat saja atau pembaca. Nah sekarang saya mencoba memberanikan diri ikut nyemplung dalam jagad perblogan. Haha so nuhun pisan nya lamun layout blog urang the meni jore. Teu pararuguh. Maklum masih newbie #NgelesGayaBatu
MySpace


Nah . tau kenapa sekarang ini mood nulis saya kembali naek. Nah berhubung saya lagi pengen nulis, tapi saya binggung mau nulis apa. Cerpen lagi kaga ada inspirasi, puisi, lagi asik, nah mending kita ngebahas tentang om bule dedemenan saya di catatan kali ini. Ntuu loh yang pernah saya bahas juga di catatan di FB  Saya yang sebelumnya .
Yuph ..

Bener !
MySpace

Om Maher Zain
Kebetulan juga ketika saya lagi nulis  catatan ini. Om bule itu juga lagi nyanyi di MP3 saya. Ngepas bangeet kan ? ( garing : on ).

Okee harus saya akui kalo saya itu bisa dikatakan telat ngepens sama dia. Wong dia ntuu udah cukup terkenal sejak taun 2009. Lewat debut album perdana dia. Dan bahkan album itu mengalahkan penjualan album kembaran saya;Justin bIeber di beberapa Negara kaya di Malaysia sonoh.
MySpace
Itukan berarti dia udah happening banget. Tapi kenapa saya sampe baru tau keberadaaan dia 3 taun kemudian. Alias taun 2011.

Namun tak apalah. Artinya saya menyukai beliau juga bukan karena tampilan beliau. Saya memutuskan untuk mengidolai dia setelah banyak baca info tentang dia. Gabung di Fans Pagenya. Gabung di FC Indonesia dia di facebook. Dan tentu saja setelah mendengarkan sejumlah lagu dia.
MySpace
Nah berikut saya jabarkan fakta-fakta menarik tentang dia. Ini sih yang saya tau aja. Jadi kalo ada yang keliru atau kurang. Mohon dimaklumi aja yah. Namaya juga pendapat.
MySpace
Okee !
cekidoot heula !
MySpace
1.     Profil. Saya kira saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar tentang profil masbro. Sebab sudah banyak situs atau blog yang menuliskannya. Jadi anda tinggal searching aja di internet jika mau tahu lebih tentang profil om bule asal swedia keturunan Lebanon ini. Namun ada satu hal yang membuat saya agak bingung. Yaitu soal tahun lahir dia. Meski tanggalnya sama yaitu tanggal 16 maret. Namun beberapa situs macam Wikipedia menyebutkan ia lahir tahun 1981 sednag beberapa situs lainnya menyebutkan dai lahir tanggal 1982. Saya bingung mana yang benar sebab di Fans Page asli dia di facebok tidak disebutkan secara tertulis tanggal dan tahun beliau lahir. Hanya usia ja yang dicantumkan dan jelas menurut saya ini agak ambigu dan tidak jelas.so kalau ada yang tahu dibantu-bantu yah ! simsalabim jadi apa prok-prok #Ngaco MySpace
2.   Album. Sebenarnya om maher zain atau mas bro maher zain( sebutan dari Fans beliau di Indonesia ) . baru mengeluarkan 1  album. Pada tahun 2009 ia mengeluarkan album berjudul “Thank you Allah” secara artistik allias cover saya kurang suka. Apa pasal ?. menurut saya  cover albumnya terlalu sederhana. Kurang sentuhan artistic. Saya juga kurang tahu apa maksud dari cover album itu. Anyway meski covernya menurut saya agak mengecewakan. Tapi tidak bagi isinya. Ett tunggu, saya tidak akan langsung bahas itu. Kita simpan pendapat saya tentang lagu beliau di point selanjutnya. Setelah itu menurut info yang saya dapat dari Wikipedia. Maher zain pun merilis bebrapa versi lain dari albumnya. versi perkusi pada 2009 dan Platinum Edition pada 2011. 

3.    Kemapuan Vokal. Wah untuk yang satu ini. Saya angkat topi untuk dia.  Sebab ini adalah salah satu factor yang bikin saya jatuh cinta kepada beliau. Suara dia menurut saya khas. Perpaduan yang pas antara suara dia yang lembut serta cengkok timur tengah  yang ajib membuat suara beliau berkarakter. Smooth but strong I think. Di tambah beat music RnB yang membuat kita, terutama saya betah berlama-lama mendengarkan suaranya. Manstabb pokoknya mah !

4.      Lagu. Bagi seorang penyanyi tidaklah mudah menciptakan komposisi music yang pas bagi telinga semua orang didunia ini. Kecuali kalo tuh penyanyi macem Lady GaGa atau Rihana yang katanya nyembah setan buat dapetin semua kepopulerannya saat ini. Enak bagi orang norwegia belum tentu cocok  menurut orang Zimbabwe. Asik buat orang kita mungkin aneh bagi orang rusia. So, intinya ga mudah. Tapi bukan berarti ga mungkin. Salah satunya adalah usaha yang dilakukan mamang bule saya ini. Ia berhasil setidaknya menurut saya meracik sebuah komposisi lagu yang bagus dan cocok buat telinga beberapa bangsa di dunia. Dan yang terlihat sekali usaha tersebut adalah pada lagu Insha Allah yang dibuat beberapa versi. Meski pada dasarnya lagu dan beatnya sama. Namun coba anda perhatikan music dari versi-versi Lagu Insha Allah msing-masing. Terlihat ada beberapa perbedaan. Insha Allah versi Inggris dibuat dengan lebih menonjolkan nuansa RnBnya lewat beat-beat yang menurut saya asik. Sedangkan versi Arab lebih mengutamakan alat music khas timur tengah. Sedang untuk versi Indonesia yang juga dinyanyikan duet bersama Fadly Padi. Lagu Insha Allah tetap terdengar seperti versi Arabnya meski tidak terlalu mencolok. Nah untuk vokalnya. Maher zain pun terdengar sedikit merubah jenis vokalnya. Kalo versi inggris ia tampil dengan suaranya yang soft dan berRnB. Sedangkan versi arabnya ia lebih menonjolkan kemampuan cengkoknya yang ga kalah ciamik buat saya.

5.     Lirik. Wahh . ini dalah pembahasan yang saya tunggu-tunggu. Berhubung saya agak kritis soal lirik dan saya pun emang demen sama sastra. Maka lirik adalah santapan paling nikmat bagi saya. Okee kita mulai. Lirik lagu maher zain entah itu yang dibuat sendiri oleh om maher atau tidak. Saya katakana cukup berilian. Lirik lagu maher zainlah yang sebenarnya membikin saya jatuh ngepens sama dia. Sebenarnya dari segi lirik lagu.  Diksi yang digunakan disetiap lagunya sangat sederhana. Pasalnya bagi saya saja yang tidak terlalu mengerti bahasa inggris saja  bisa memahami arti dari lirik lagu tersebut tanpa perlu repot-repot membuka kamus atau minta di translatin sama mbah google. Artinya. Pilihan kata yang digunakan dalam lagu maher bisa dikatan sangat merakyat bahkan bagi kaum yang tidak pandai berbahasa inggris macam saya. Selain itu meski saya akui karena kesederhanaan itu membuat kata-kata yang digunakan pada lagu maher zain cenderung sama alias digunakan berulang-ulang untuk lagu yang berbeda. Kita akan mendapati seringnya dalam lagu maher zain kata-kata open you’re eyes, sight, dll. Namun menurut saya hal ini merupakan suatu kelebihan. Kenapa ? karena menurut saya lirik yang di ulang ini seperti sebuah sugesti ke dalam alam bawah sadar kita. Tentu kita semua tahu bahwa ada suatu metode pencucian otak/hipnotis  yang menggunakan metode pengulangan kata yang sama. Artinya pesan yang ingin ditanamkan oleh si pengirim diberikan secara berulang-ulang dan terus menerus sehingga si terkirim secara tidak sadar akan mengamini pesan si pengirim meski awalnya ia menolak. Nah coba anda perhatikan kata yang selalu diulang-ulang dalam lagu-lagu maher zain. Nah pesan-pesan itulah yang secara tidak sadar sedang ditanamkan kepada pikiran kita setiap kita mendengar lagu-lagu beliau.  Ya,, mungkin ini asumsi belebihan saya saja. Tapi anda perlu tahu. Mind control macam itu sudah banyak digunakan oleh artis-artis luar negeri terutama penyanyi yang tergabung dalam anggota illuminati alias freemason macam Lady GaGa,Rihana, atau User. So, aman deh kalo ngedengerin lagu maher lama-lama. ( oh iya, ini juga yg membuat saya sedikit berkesimpulan kalo mental anak-anak muda kita sedikit dipengaruhi dari jenis music dan lirik yang ia sering dengarkan)

6.    Musik. Dari segi musikalitas maher zain perlu diacungi jempol. Karena komposisi yang teracik apik di albumnya menurut saya sangat bagus. Oh ya, beberapa lagu maher zain juga seperti terinspirasi lagu akon dilihat dari kuatnya pengaruh akon di lagu itu. Seperti lagu awaken. Awal mendengarnya saya sempat berujar. Loh ini maher zain atau akon sih . namun semakin sering saya mendengar saya semakin tahu perbedaannya. Meski sekilas mirip dan bercorak music akon. Tapi maher seperti tidak ingin kehilangan dirinya di lagu itu. Vocal maher tetap lah maher. Saya suka sekali dengan lagu dengan beat cepat dan lirik yang sangat satir ini. Masih banyak lagu dia yang sebenarnya ingin saya bahas. Namun saya rasa lain kali saja. Sebab takut terlalu panjang.

7.   Penampilan/Gaya Busana. Wah untuk urusan yang ini saya tidak terlalu bisa berkomentar. Lah wong saya saja tidak terlalu mengerti soal fashion.tapi menurut kacamata saya. Kacamata saya loh yang ngomong bukan saya ( hehe ). Gaya maher cukup apik. Kasual namun rapi. Di setiap kesempatan ia terlihat selalu mengenakan topi yang serupa. Topi jenis Gatsby ( kalo ga salah namanya ) lah yang saya rasa paling sering dikenakannya.  Topi yang konon pada jaman ibu saya perawan adalah ciri-ciri pencopet di pasar. Kadang juga terlihat menggunakan topi bowler. But . mengunakan topi atau ndak. Saya tetap cintah sama mas bro . hehehe ..
Oh ya, sebagai tambahan saya kurang sreg saat dia nyanyi lagu Sepanjang Hidup itu. Karena meski maher terdengar fasihmengucapkan lirik bahasa indonesia . Tapi sayangnya kemampuan vocal maher yang bagus berilian itu seperti tertahan sampi di tenggorokan saja.  Tapi anyway. Saya mengapresiasi usaha dia.
Good job mas bro ! lanjutkan !

oh iya ada 3 lagu dia yang menjadi favorit saya. Dan saya pun punya alasannya kenapa saya suka lagu itu. Yang pertama adalah lagu Open Your Eyes, kedua The Choosen One dan satu lagi Freedom.
Mau saya bahas kenapa ?

nantilah . udah kepanjangan keknya nih tulisan so nanti aja yah .
ini ceritaku apa ceritamu ?


2 komentar:

  1. Makin bangga sama mas bro mz 👍

    Oiya, salam obf bro, ane juga salah satu pensnya, hehe (promosi dikit) :v

    BalasHapus

Bagi yang bukan Blogger dapat memberi komentar dengan cara memilih form Name/URL pada link Berikan komentar sebagai :
isi Name dengan Nama lalu isi Url dengan Link Facebookmu.